Mengenai Saya

Foto saya
jember, jember, Indonesia
Alumni fisika MIPA Universitas Jember


2.1 Lemon
Sitrun, jeruk sitrun (dari bahasa Belanda, citroen), atau lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia. Pohon berukuran sedang ini (dapat mencapai 6 m) tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin. Sitrun dibudidayakan di Spanyol, Portugal, Argentina, Brasil, Amerika Serikat dan negara-negara lainnya di sekitar Laut Tengah. Tumbuhan ini cocok untuk daerah beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Suhu ideal untuk sitrun agar dapat tumbuh dengan baik adalah antara 15-30 °C (60-85 °F).
Asal lemon adalah sebuah misteri, meskipun diperkirakan bahwa lemon pertama tumbuh di India Selatan, utara Burma, dan Cina. Sebuah studi tentang asal genetik lemon melaporkan bahwa mereka adalah hibrida antara asam jeruk sitrun. Lemon masuk ke Eropa dekat Italia selatan paling lambat abad ke 1, pada masa Romawi Kuno. Namun, mereka tidak banyak dibudidayakan. Mereka kemudian diperkenalkan ke Persia dan kemudian ke Irak dan Mesir sekitar 700 AD. Lemon ini pertama kali tercatat dalam literatur dalam risalah Arab abad ke-10 pada pertanian, dan juga digunakan sebagai tanaman hias di taman awal Islam. Ia didistribusikan luas ke seluruh dunia Arab dan wilayah Mediterania antara 1000 dan 1150.
2.2 Berbagai Macam Manfaat Lemon
Manfaat buah lemon untuk kesehatan sangat banyak, jadi disarankan untuk mengkonsumsi buah ini, tidak perlu terlalu banyak tapi sekedarnya untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita.
Berikut beberapa manfaat lemon untuk mengatasi penyakit dan menjaga kesehatan tubuh yang bisa membuat Anda semakin cinta kepada buah lemon.
  1. Redakan gangguan lambung
Saat dipadukan dengan air panas, lemon bisa membantu meredakan banyak gangguan pencernaan, termasuk mual dan heartburn (naiknya asam lambung ke kerongkongan). Mengonsumsi jus lemon secara teratur membantu usus mengeluarkan sampah secara lebih efisien. Lemon bekerja sebagai pemurni darah dan agen pembersih. Jus lemon juga bekerja sebagai tonik hati dan membantu mencerna makanan dengan membantu hati memproduksi lebih banyak air empedu.
  1. Jaga kesehatan kulit
Lemon, sebagai obat antiseptik alami, bisa membantu mengatasi ganguan kulit. Lemon merupakan buah sitrus kaya vitamin C yang menguatkan kecantikan Anda dengan meremajakan kulit dari dalam, sehingga membuat wajah lebih bercahaya. Konsumsi air lemon secara rutin dinyatakan bisa mengubah penampilan kulit Anda. Lemon bekerja sebagai antipenuaan dan mengangkat kerutan serta jerawat. Untuk menyamarkan bekas luka, cobalah oleskan air lemon ke area kulit yang bermasalah.
  1. Bantu perawatan gigi
Air lemon juga bisa digunakan dalam perawatan gigi. Meneteskan jus lemon segar ke area gigi yang sakit dinyatakan bisa membantu mengusir rasa sakit. Anda juga bisa menghentikan gusi berdarah dengan memijatkan sari lemon ke area gusi. Selain itu, jus lemon dinyatakan bisa mengusir bau mulut dan gangguan lain terkait gusi.
  1. Atasi infeksi tenggorokan
Kandungan antibakteri di dalam lemon membantu mengatasi gangguan terkait infeksi tenggorokan, sakit tenggorkan dan tonsilitis. Untuk mengatasi sakit tenggorokan, cobalah encerkan sari dari setengah lemon dengan setengah air dan berkumurlah secara teratur.
  1. Turunkan berat badan
Minum air jeruk lemon dinyatakan bisa mempercepat penurunan berat badan. Anda juga bisa menurunkan berat badan dengan mengonsumsi campuran jus lemon, air hangat dan madu.
  1. Kontrol tekanan darah tinggi
Kandungan kalium di dalam lemon dinyatakan bisa membantu pasien gangguan jantung. Lemon bekerja mengontrol tekanan darah, pusing, mual serta merilekskan tubuh dan pikiran. Lemon juga dinyatakan bisa mengurangi stres dan depresi mental.

0 komentar:

Poskan Komentar

About