Mengenai Saya

Foto Saya
jember, jember, Indonesia
mahasiswa fisika MIPA Universitas Jember angkatan 2009
Apakah Perbedaan Antara  Kebudayaan , Budaya , Adat Istiadat ,dan Kebiasaan  ?Sebelum kita mencari perbedaan diantara keempatnya maka kita wajib untuk mencari Pengertian atau definisi dari keempatnya .

PENGERTIAN KEBUDAYAAN
Kebudayaan Berasal Dari Kata Sansekerta “BUDDHAYAH “ , yang merupakan bentuk jamak dari kata “BUDDHI” yang berarti budi atau akal. Dengan demikian kebudayaan dapat diartikan sebagai “hal-hal yang bersangkutan dengan budhi atau akal”
Culture, merupakan istilah bahasa asing yang sama artinya dengan kebudayaan, berasal dari kata latin “colere” yang berarti mengolah atau mengerjakan (Mengolah tanah atau bertani). Dari asal arti tersebut yaitu “colere” kemudian “culture” diartikan sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan merubah alam.
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism. Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian, nilai, norma, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat. Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

PENGERTIAN BUDAYA
Budaya secara harfiah berasal dari Bahasa Latin yaitu Colere yang
memiliki arti mengerjakan tanah, mengolah, memelihara ladang
(menurutSoerjanto Poespowardojo 1993) Budaya adalah keseluruhan sistem gagasan tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan miliki diri manusia dengan cara belajar.
 Budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia

PENGERTIAN ADAT ISTIADAT
Yang dimaksud dengan Adat Istiadat adalah aneka kelaziman dalam suatu negeri yang mengikuti pasang naik dan pasang surut situasi masyarakat.
Kelaziman ini pada umumnya menyangkut pengejawatahan unjuk rasa seni budaya masyarakat, seperti acara-acara keramaian anak negeri, seperti pertunjukan randai, saluang, rabab, tari-tarian dan aneka kesenian yang dihubungkan dengan upacara perhelatan perkawinan, pengangkatan penghulu maupun untuk menghormati kedatangan tamu agung.
Adat istiadat semacam ini sangat tergantung pada  situasi sosial ekonomi masyarakat. Bila sedang panen baik biasanya megah meriah, begitu pula bila keadaan sebaliknya. Adat adalah gagasan kebudayaan yang terdiri dari nilai-nilai kebudayaan, norma, kebiasaan, kelembagaan, dan hukum adat yang lazim dilakukan di suatu daerah

PENGERTIAN  KEBIASAAN
Tradisi (Bahasa Latin: traditio, "diteruskan") atau kebiasaan, dalam pengertian yang paling sederhana adalah sesuatu yang telah dilakukan untuk sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu negara, kebudayaan, waktu, atau agama yang sama. Hal yang paling mendasar dari tradisi adalah adanya informasi yang diteruskan dari generasi ke generasi baik tertulis maupun (sering kali) lisan, karena tanpa adanya ini, suatu tradisi dapat punah.
Definisi kebiasaan: sesuatu yang kamu lakukan secara periodik (present tense/saat ini). Dulunya, (past tense) hal itu nggak pernah kamu lakukan, tapi sekarang jadi ngelakukannya secara periodik.

15 komentar:

Teuku Asri mengatakan...

Terimakasih atas infonya, sangat bermanfaat bagi saya dan juga kita semua.

anak nelayan mengatakan...

Terimakasih atas infonya..nice blog

ibnu musthafa elahmed mengatakan...

thanks.your post was help to easying my poblem

nasich taufik mengatakan...

tolong cantumkan daftar pustaka jika memang mengambil dari refrensi buku.
trimakasih

van cesc mengatakan...

wah thanks ya. ini buat bahan presentasi ku nih. heheh regards.

Rumah Dijual

Armin Thundang mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Armin Thundang mengatakan...

Wah.. sering orang mencampuradukan ketiganya; kebiasaan buruk disalahbahasakan menjadi budaya yang buruk.. Terimakasih untuk postingannya, Jeng.

Armin Thundang:
nara-reba.blogspot.com

Foredi Bisnis Rumahan mengatakan...

suka mas dengan tulisannya heheh

rizqi diaz mengatakan...

sama sama,monggo saling berbagi

rizqi diaz mengatakan...

yupz..nice coment

rizqi diaz mengatakan...

oke..your'e welcome

rizqi diaz mengatakan...

mkasi mas...

rizqi diaz mengatakan...

iya sama sama..saling berbagi ilmu aja..hehe

rizqi diaz mengatakan...

kembali kasih..dapusnya ada di laptop..--"

rizqi diaz mengatakan...

oyi ...^_^

Poskan Komentar

About