Mengenai Saya

Foto saya
jember, jember, Indonesia
Alumni fisika MIPA Universitas Jember

 Hereditas Tanaman
Gen merupakan segmen-segmen DNA. DNA adalah suatu poliimer yang terdiri dari empat jenis monomer yang berbeda yang dinamakan nukleotida. Informasi yang diwariskan diberikan dalam bentuk urutan nukleotida spesifik yang dimiliki oleh masing-masing gen, kurang lebih bagaikan informasi tertulis yag dikomunikasikan dalam bentuk urutan huruf –huruf yang membentuk arti.
Sebagian besar gen memprogram sel-sel untuk mensintesis enzim yang spesifik dan protein lain, ini merupakan aksi kumulatif dari protein tersebut yang menghasilkan sifat-sifat turunan suatu organisme.
Penurunan sifat-sifat herediter memiliki basis molekulerr yaitu replikasi persis dari DNA , dan menghasilkan salinan-saliinan gen yang dapat diteruskan dari orang tua ke keturunannya. Pada hewan dan tumbuhan, pengiriman gendari suatu generasi ke generasi selanjutnya ini dilakukan oleh sperma dan ovum (telur yang belum dibuahi). Setelah sel sperma bersatu dengan ovum (sel telur tunggal) maka gen dari kedua orangtuanya hadir di dalam nucleus dari telur yang teah dibuahi tersebut.
DNA dari suatu sel eukariotik dibagi lagi menjadi kromosom di dalam nucleus tersebut. Setiap spesies yang hidu mempunyai jumlah kromosom yang khas. Sebagai contoh, manusia memiliki 46 kromosom (kecuali dalam sel reproduktifnya). Setiap kromosom terdiri dari sebuah molekul DNA tunggal yang panjang, yang tergulung secara rumit sehingga terikat dengan berbagai jenis protein. Sebuah kromosom memiliki ratusan atau ribuan gen masing-masing merupakan bagian spesifik dari molekul DNA tersebut. Lokasi spesifik suatu gen sepanjang suatu kromosom disebuut lokus gen.

0 komentar:

Poskan Komentar

About