Mengenai Saya

Foto saya
jember, Jawa timur, Indonesia
Alumni fisika MIPA Universitas Jember


Rangkaian clipper (pemotong) berfungsi untuk memotong atau menghilangkan sebagian sinyal masukan yang berada di bawah atau di atas level tertentu. Contoh sederhana dari rangkaian clipper adalah penyearah setengah gelombang. Rangkaian ini memotong atau menghilangkan sebagian sinyal masukan di atas atau di bawah level nol. Rangkaian dasar dari sebuah clipper atau pemotong sinyal dapat menggunakan sebuah dioda.
Secara umum rangkaian clipper menggunakan dioda dapat digolongkan menjadi dua, yaitu: rangkaian clipper seri dan rangkaian clipper paralel. Rangkaian clipper seri berarti dioda berhubungan secara seri dengan beban, sedangkan clipper paralel berarti dioda dipasang paralel dengan beban. Sedangkan untuk masing-masing jenis tersebut dibagi menjadi clipper negatip (pemotong bagian negatip) dan clipper positip (pemotong bagian positip).
Clipper Seri Poin-poin yang perlu diperhatikan dari rangkaian clipper seri dengan dioda adalah : Dioda dan baterai sebagai rangkaian utama clipper dipasang secara seri dengan sumber sinyal. Bila output rangkaian adalah katoda dioda, maka bagian positip dari sinyal input akan dilewatkan, dan bagian negatip akan dipotong (berarti clipper negatip). Bila output rangkaian adalah anoda dioda, maka bagian negatip dari sinyal input akan dilewatkan, dan bagian positip akan dipotong (berarti clipper positip).
Besarnya clipping atau pemotongan sinyal adalah tegangan batrai + tegangan dioda (0,7 untuk Si, 0,3 untuk Ge atau Vz bila menggunakan dioda zener) Rangkaian Clipper Seri Positif Dengan Dioda rangkaian clipper dioda,clipper seri dengan dioda,rangkaian clipper sinyal,pemotong sinyal,clipper paralel dioda,clipper sinyal dioda,teori clipper sinyal,pemotong sinyal,rangkaian clipper paralel,rangkaian clipper dioda,clipper positif,clipper negatif Rangkaian Clipper Seri Negatif Dengan Dioda rangkaian clipper dioda,clipper seri dengan dioda,rangkaian clipper sinyal,pemotong sinyal,clipper paralel dioda,clipper sinyal dioda,teori clipper sinyal,pemotong sinyal,rangkaian clipper paralel,rangkaian clipper dioda,clipper positif,clipper negatif,clipper tegangan,clipper tegangan positif,clipper tegangan negatif Clipper Parallel Pada clipper dengan dioda tipe parallel ada beberapa poin sebagai berikut : Dioda dan baterai sebagai rangkaian utama clipper dipasang secara paralel dengan jalur output rangkaian. Bila output rangkaian parallel dengan katoda dioda, maka bagian positip dari sinyal input akan dilewatkan, dan bagian negatip akan dipotong (berarti clipper negatip). Bila output rangkaian parallel dengan anoda dioda, maka bagian negatip dari sinyal input akan dilewatkan, dan bagian positip akan dipotong (berarti clipper positip).
Baterai dalam rangkaian cliper ini berfungsi untuk batas pemotongan atau level clipping. Besarnya clipping atau pemotongan sinyal adalah tegangan batrai + tegangan dioda (0,7 untuk Si, 0,3 untuk Ge atau Vz bila menggunakan dioda zener) Rangkaian Clipper Parallel Positif rangkaian clipper dioda,clipper seri dengan dioda,rangkaian clipper sinyal,pemotong sinyal,clipper paralel dioda,clipper sinyal dioda,teori clipper sinyal,pemotong sinyal,rangkaian clipper paralel,rangkaian clipper dioda,clipper positif,clipper negatif,clipper tegangan,clipper tegangan positif,clipper tegangan negatif,level clipping Rangkaian Clipper Parallel Negatif rangkaian clipper dioda,clipper seri dengan dioda,rangkaian clipper sinyal,pemotong sinyal,clipper paralel dioda,clipper sinyal dioda,teori clipper sinyal,pemotong sinyal,rangkaian clipper paralel,rangkaian clipper dioda,clipper positif,clipper negatif,clipper tegangan,clipper tegangan positif,clipper tegangan negatif,level clipping .

0 komentar:

Posting Komentar

About