Mengenai Saya

Foto saya
jember, jember, Indonesia
Alumni fisika MIPA Universitas Jember


2.1  LIDAH BUAYA ( ALOE VERA )
      Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang sudah dikenal oleh masyarakat secara umum. Lidah buaya ( Aloevera Linn) merupakn suatu tanaman yang sangat pendek dan hampir tidak terlihat karena tertutup oleh daun yang rapat dan sebagian terbenam tanah. Daun lidah buaya berbentuk tombak dan bunganya berbentuk terompet. Daunnya berdaging tebal, tidak bertulang, bewarna hijau keabu-abuan dan memiliki lapisan lilin di permukaannya. Sedangkan bunganya  panjangnya kira-kira hanya 2-3 cm, berwarna kuning dan tersusun berjuntai melingkari ujung tungkai menjulang ke atas. Tata nama dalam sistematika (taksonomi) tumbuh-tumbuhan sebagai berikut :
      Kingdom     : Plantae
Division    : Spermatophyta
      Kelas       : Monocotyledoneae
      Ordo        : Liliflorae
      Familia     : Rubbiaceae
      Genus       : Aloevera
      Spesies     : Aloevera Linn
Tanaman Lidah Buaya ( aloevera linn ) sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Tumbuhan ini bisa tumbuh di daerah kering, seperti Afrika, Asia dan Amerika. Hal ini disebabkan tumbuhan ini bisa menutup stomata ( mulut ) daun hingga rapat sehingga pada musim kemarau untuk menghindari kehilangan air dari daunnya. Lidah buaya juga bisa tumbuh di daerah beriklim dingin. Kelemahanya, jika ditanam di daerah basah dengan curah hujan tinggi, mudah terserang penyakit cendawan. Lidah buaya masuk ke Indonesia dibawa oleh petani keturunan Cina pada abad ke-17. Ada tiga jenis tanaman lidah buaya yng memiliki nilai komersial yang tinggi antara lain:
1)  Aloevera Barbandensis Miller berasal dari Amerika
2)  Aloevera Ferox berasal dari Afrika
3)  Aloevera Sinensis Berasal dari Asia
Tanaman Lidah Buaya memiliki 200 jenis di dunia. Tapi yang biasanya paling banyak digunakan untuk pengobatan antara lain:
1)  Aloevera Barbandesis Miller
2)  Aloevera Ferox
3)  Aloevera Sinensis
4)  Aloevera Linn
2.2  Zat penting dalam Lidah Buaya
Dalam lidah buaya banyak mengandung zat-zat bermanfaat bagi tubuh manusia. Diantaranya adalah lidah buaya mengandung Aloe Latexs, zat tersebut dapat menghasilkan antrakuinon glycosidesaloin A dan B. Zat-zat ini memiliki manfaat sebagai obat pencahar yang kuat dan membantu gerakan usus dalam mencerna makanan. Berikutnya tanaman lidah buaya memiliki 72 jenis zat bermanfaat. Diantara ke-72 zat ini terdapat 18 macam Asam Amino,  Karbohidrat, Lemak,  Air, Vitamin, Mineral, Enzim, Hormon, Dan zat golongan obat. Antara lain Antibiotik, Antiseptik, Antibakteri, Antikanker, Antivirus, Antiaterosklerosis,  Antivirus yang Resisten terhadap Antibiotik. Lidah buaya juga mengandung beberapa unsur mineral ada juga yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Misalnya Vitamin C, Vitamin A, dan Zinc.lidah buaya sangat banyak mengandung Antioksidan.
2.3  Rambut
      Rambut adalah bagian dari tubuh manusia ( rambut kepala ) yang perlu dirawat Sebagian orang menggap rambut sebagai mahkota untuk mempercantik diri khususnya wanita. Ada juga sebagian orang meyakini rambut adalah aurat yang harus ditutup rapat. Tetapi juga harus dirawat dan dijaga kesehatannya. Rambut memiliki peranan penting dalam tubuh manusia salah satunya melindungi kulit kepala dari sinar matahari langsung. Rambut banyak jenisnya ada yang tebal, tipis, lembut, kaku, lurus, keriting dan masih banyak jenisnya.Kesehatan rambutpun berbeda-beda targantung perawatanya. Permasalahan rambut juga banyak diantaranya ketombe,rambut rontok, rambut bercabang, rambut kusut, dan masih banyak lagi maka dari itu rambut harus selalu di jaga kesehatannya.

0 komentar:

Poskan Komentar

About