Mengenai Saya

Foto saya
jember, jember, Indonesia
Alumni fisika MIPA Universitas Jember
-->
1. Pendahuluan
CMOS merupakan kepanjangan dari Complementary metal oxide semiconductor dengan arsitektur seperti kebanyakan pada CPU dan modul memori. Untuk mengkonversi foton menjadi elektron dan mengirimkan elektron maka sensor CMOS juga melakukan image processing, edge detection, noise reduction dan analog to digital converter. Sensor CMOS  juga  mengurangi  jumlah  komponen  eksternal  yang  terhubung  kepadanya. Dengan menggunakan sensor CMOS yang terintegrasi pada kamera digital, maka chip ini membuat ruang pada kamera digital menjadi semakin luas karena tidak diperlukan chip lainnya seperti : digital signal processor dan analog to digital converter.
Pada sensor citra CMOS terdapat active pixel sensor (APS) yang menambahkan transistor penguat readout kepada tiap piksel, tujuannya adalah agar perubahan muatan menjadi tegangan dilakukan pada piksel. Selain itu APS ini juga dapat digunakan untuk random access kepada sensor yang ada pada tiap piksel, sama dengan memory access pada teknologi RAM.
Muatan di readout dari sensor CMOS dengan menggunakan rangkaian paralel, yang memperbolehkan sinyal dari piksel tunggal dialamatkan secara langsung. Kemampuan direct access random ini memperbolehkan CMOS untuk memilih kumpulan muatan piksel mana yang akan di readout terlebih dahulu. Kemampuan ini disebut dengan windowing readout. Sebuah sensor CMOS memiliki kemampuan untuk mengurangi ukuran dari citra ketika ditangkap. Selain itu sensor ini juga menawarkan potensi penigkatan kecepatan readout.

2. CMOS Sensor Image
Ø  Photocurrent
Operasi dasar dari kamera cmos adalah Photocurrent , yaitu cahaya sebagai sumber arus. Daerah sensitif cahaya dalam kamera CMOS pixel adalah p-n junction diode yang beroperasi pada bias balik. Cahaya membangkitkan sebuah Photocurrent , sehingga menaikkan arus saturasi balik dari dioda. Besarnya photon yang memberi kontribusi ke Photocurrent ditentukan oleh:
• Daya serap semikonduktor (Semiconductor absorption length) , ℓ(λ)
• Ikatan energi semikonduktor
• Kemampuan pancar dari permukaan semikonduktor

0 komentar:

Poskan Komentar

About