Mengenai Saya

Foto saya
jember, jember, Indonesia
Alumni fisika MIPA Universitas Jember


1.      Bagaimana cara yang paling efektif dan efisien agar mengena konsep yang baik kepada suatu bangsa di dalam hidup bermasyarakat yang serba heterogen?
Jawab :
Setiap bangsa di mana pun pasti selalu mempunyai pedoman sikap hidup yang dijadikan acuan di dalam hidup bermasyarakat. Demikian juga dengan bangsa Indonesia. Bagi bangsa Indonesia, sikap hidup yang diyakini kebenarannya tersebut bernama Pancasila. Nilai-nilai yang terkandung di dalam sila-sila Pancasila tersebut berasal dari budaya masyarakat bangsa Indonesia sendiri.
Bangsa Indonesia merupakan suatu bangsa yang memiliki masyarakat heterogen. Masyarakat heterogen adalah masyarakat yang terdiri dari agama, suku, dan ras yang beraneka ragam dalam suatu bangsa. Dalam hal ini menghargai, saling menghormati, dan mengamalkan nilai dari Pancasila merupakan kunci dari bersatunya masyarakat Indonesia. Adapun hal – hal yang dapat dilakukan adalah mengadakan penyuluhan di desa – desa tentang nilai yang terkandung dalam Pancasila, saling menghormati antar warga masyarakat yang memiliki perbedaan agama, saling membantu apabila ada warga desa yang sedang melakukan upacara adat, dan bergotong royong bersama sama menjaga ketertiban di desa. Hal yang paling penting adalah mulai dari lapisan masyarakat yang terkecil yaitu diri kita sendiri. Apabila kita telah dapat mengamalkan nilai Pancasila maka kita juga dapat mengajak orang di sekitar kita untuk mulai mengamalkannya juga.
2.      Di era globalisasi manusia dihargai dan dihormati (masyarakatnya) apabila dia terampil dan menguasai teknologi informasi. Bagaimana posisi moral terhadap sikap dan perilaku dalam mengantisipasi kemajuan IPTEK tersebut? Jelaskan (di dukung oleh referensi) ! Serta berikan contoh agar orang bodoh bisa mengerti !
Jawab :
            Idealnya posisi moral juga harus dijadikan sebagai tolak ukur dalam kehidupan. Akan tetapi seiring berkembangnya zaman, degradasi moral semakin marak terjadi. Sebagai contoh : Penggunaan internet yang kurang bijak dapat menyebabkan berbagai hal, salah satunya adalah degradasi moral remaja. Yaitu ketika seorang remaja mengakses situs-situs yang tidak pantas untuk dilihat, Berbagai ulasan tersebut menyebabkan remaja mengalami penurunan etika, tingkah laku dan peralihan budaya yang disebabkan oleh pemanfaatan teknologi yang tidak cerdas. Namun Bagi remaja yang cerdas dalam memanfaatkan keberadaan internet, internet dapat dijadikan sarana untuk menambah wawasan pengetahuan. Karena yang dapat diakses bukan saja pengetahuan yang bersifat nasional tapi juga pengetahuan yang bersifat internasional. Dari contoh yang dipaparkan ini tidak semua remaja indonesia mengalami atau melakukan penyimpangan sikap. Karena pada hakekatnya semua itu bergantung pada sikap setiap individu dalam menyikapi perkembangan teknologi pada era globalisasi ini.
            Agar kemajuan IPTEK dapat memacu moral kearah yang yang lebih baik. Diperlukan kerja sama antar semua lapisan masyarakat. Mulai dari diri sendiri yang harus dapat memilah dan memilih informasi, orang tua yang harus bisa memberikan pengertian dan pemantuan terhadap anaknya, guru yang memberikan wawasan di sekolah tentang bagaimana seharusnya teknologi digunakan dan aparat pemerintah yang harus dapat memblokir situs – situs yang menyebabkan degradasi moral.
Referensi :
Zubair A. 1995. Perkembangan IPTEK dan Kebudayaan. Jakarta: Grafindo Persada.

0 komentar:

Poskan Komentar

About