Mengenai Saya

Foto saya
jember, jember, Indonesia
Alumni fisika MIPA Universitas Jember

12.32 | 0 Comments

KEBISINGAN

Apa yang dimaksud dengan kebisingan ?
Kebisingan adalah semua suara/bunyi yang tidak dikehendaki yang bersumber dari alat-alat proses produksi dan atau alat-alat kerja yang pada tingkat tertentu dapat menimbulkan gangguan pendengaran.

Apa yang menentukan kwalitas suatu bunyi ?
Kwalitas suatu bunyi ditentukan oleh frekuensi dan intensitasnya. Frekuensi dinyatakan dalam jumlah getaran perdetik ( Hertz,Hz ), sedangkan intensitas  atau arus energi persatuan luas biasanya dinyatakan dalam suatu logaritmis yang disebut desibel ditulis dBA atau dB(A)

Pada frekuensi berapa telinga manusia mampu mendengar ?
Telinga manusia mampu mendengar pada frekuensi antara 16 – 20.000 Hz. 

Berapa Nilai Ambang Batas ( NAB ) kebisingan yang ditetapkan sesuai ketentuan ?
Sesuai Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor : KEP-51/MEN/1999 adalah 85 desi Bell A        ( dBA ), untuk waktu pemajanan 8 jam perhari. Dan untuk kebisingan lebih dari 140 dBA walaupun sesaat pemajanan tidak diperkenankan.

Lalu apakah di Pabrik Pupuk Kaltim, ada kebisingan diatas 85 dB ?
Ya. Di lokasi-lokasi tertentu ada kebisingan diatas 85 dBA, pada umumnya dari hasil pemantauan tertinggi masih dibawah 110 dBA, dan sudah dibuatkan rambu sebagai panduan dimana bila masuk ke lokasi tersebut harus menggunakan alat pelindung telinga.( ear protector )

Ada berapa macam alat pelindung telinga ?
Alat pelindung telinga ada 2 macam, yaitu sumbat telinga  ( ear plug ) dan tutup telinga ( ear muff ). Sumbat telinga jenisnya ada yang permanen dan jenis sekali pakai, sedang tutup telinga jenisnya sama, hanya dibedakan ada yang langsung dilekatkan di helmet atau tidak dilekatkan di helmet tetapi menggunakan headband/ikat kepala namun sering mengganggu alat pelindung lainnya.

Bagaimana menentukan sumbat telinga ( ear plug ) yang baik ?
Sumbat telinga yang baik adalah menahan frekuensi tertentu saja, sedangkan frekuensi untuk bicara biasanya ( komunikasi ) tidak terganggu.Bahan sumbat telinga ada yang terbuat dari karet, plastik keras, plastik lunak, lilin dan kapas. Yang disenangi adalah jenis karet dan plastik lunak karena bisa menyesuaikan bentuk dengan lobang telinga 

Seberapa efektif kebisingan yang dapat dilindungi dengan sumbat telinga?
Bila pemakaiannya baik, daya atenuasi ( daya lindung ) 25-30 dB, bila ada kebocoran dalam pemakaian dapat mengurangi atenuasi sampai 15 dBA lebih.

Lalu kalau menggunakan tutup telinga ( ear muff ) seberapa efektif kebisingan yang dapat dilindungi ?
Tutup telinga ( ear muff ) daya atenuasinya ( daya lindung ) sampai 42 dBA ( 35 – 45 dBA ). Untuk keadaan khusus dapat dikombinasikan antara tutup telinga  dengan sumbat telinga, sehingga dapat atenuasi yang lebih tinggi; tapi tidak lebih dari 50 dBA, karena hantaran suara melalui tulang masih ada.


TELINGA / PENDENGARAN AKAN TETAP TERJAGA DENGAN BAIK , BILA ALAT PELINDUNG TELINGA DIGUNAKAN SEBAGAI MANA MESTINYA, KHUSUSNYA DIDAERAH SUMBER BUNYI DIATAS 85 dBA.


K3LH/Hiperkes

0 komentar:

Poskan Komentar

About