Mengenai Saya

Foto saya
jember, jember, Indonesia
Alumni fisika MIPA Universitas Jember


Internet merupakan salah satu bagian dari kemajuan teknologi dunia dan merupakan bukti nyata peradaban manusia yang semakin modern. Kemajuan teknologi tidak terlepas dari peranan Internet sebagai media informasi bagi manusia di seluruh dunia. Sebagai media informasi, Internet telah berkembang menjadi sebuah media yang menjadi primadona bagi kalangan penyebar dan pencari informasi. Kriteria Internet sebagai media informasi yang fleksibel, murah, cepat dan lengkap menjadikannya sebagai pilihan utama bagi masyarakat dunia.
manfaat Internet dalam berbagai bidang kehidupan manusia, diantaranya :
1. Bidang Informasi dan Komunikasi
Sebagai media informasi, Internet akan lebih baik dibandingkan dengan media informasi konvensional berupa koran, majalah maupun media cetak lainnya. Internet jauh lebih efektif dan efisien dibanding penyebaran informasi melalui media cetak. Proses penyebaran informasi melalui Internet dapat menjangkau berbagai wilayah geografis di dunia dengan cepat. Proses penyebaran informasi melalui Internet yang komponen utamanya adalah komputer yang terkoneksi sebuah jaringan, akan lebih hemat bila dibandingkan dengan media cetak, dimana komponen utamanya menggunakan ketas dan tinta. Sehingga media informasi melalui Internet ini telah menjadi sebuah sarana penyebaran informasi yang sangat menggembirakan dan menguntungkan bagi umat manusia.
Sebagai media komunikasi, Internet telah mampu memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi dengan masyarakat lainnya, tanpa mengenal perbedaan wilayah geografis dan waktu. Penggunaan web/blog, VoIP dan e-mail merupakan bukti bahwa Internet mampu digunakan sebagai media komunikasi yang efektif. Bandingkan dengan pengiriman surat via pos yang memerlukan hitungan hari apabila dikaitkan dengan faktor jarak tempuh. Pesan yang disampaikan melalui web/blog, VoIP dan e-mail jauh lebih cepat keterima oleh penggunanya. Dalam hitungan detik, pesan yang kita kirim akan sampai di tempat tujuan (pengguna internet).
 2. Bidang Pendidikan dan Pembelajaran
E-education (Electronic Education) merupakan istilah penggunaan Teknologi Informasi dalam bidang pendidikan yang memungkinkan masyarakat dapat mengakses materi pendidikan dalam bentuk digital secara online. Antara penyedia materi dan orang-orang yang memanfaatkan materi pendidikan, tidak perlu bertemu secara langsung, atau melakukan kontak fisik. Melalui media Internet, kita dapat melakukan interaksi dengan pusat-pusat pendidikan yang berdiri dan berbasiskan pada sebuah jaringan Internet. Penerapan Internet sebagai media pendidikan online dapat kita jumpai dalam berbagai bentuk nyata, dari mulai sistem perkuliahan online, media perpustakaan online, kursus online dan lain-lain.
Keuntungan dan manfaat yang dapat kita peroleh dengan adanya e-Learning dalam bidang pendidikan, diantaranya adalah sebagai berikut :
·                   Dapat menghemat waktu dalam proses belajar mengajar
·                   Dapat mengurangi biaya perjalanan atau transportasi yang dikeluarkan
·                   Dapat menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan dan buku-buku)
·                   Dapat menjangkau wilayah geografis yang lebih luas
·                   Dapat melatih para penuntut ilmu untuk lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan
3. Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Para ilmuwan akan menyebarkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang mereka miliki kemudian saling bertukar pikiran dengan ilmuwan lainnya. Mereka akan saling mengisi dan berbagi sehingga memungkinkan menghasilkan Ilmu Pengetahuan serta suatu Teknologi Modern.
Kemajuan suatu Ilmu pengetahuan dan Teknologi akan cepat tersebar dan dirasakan langsung oleh masyarakat dunia. Minimal, sebelum teknologi dilihat dan dirasakan secara nyata, kita dapat lebih dulu mengetahui tentang berita teknologi tersebut. Hal ini memungkinkan kita untuk lebih mengenal secara detil teknologi yang sedang berkembang, walaupun kita belum mampu membeli atau merasakan teknologi tersebut. Sehingga tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Internet telah banyak membantu masyarakat dunia dalam mengenal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Kini, hubungan antara Internet dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan, karena inti dari Internet itu sendiri merupakan hasil Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, sedangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sangat membutuhkan jaringan Internet sebagai media penyebaran informasi atas Ilmu Pengatahuan dan Teknologi yang diciptakan.
4. Bidang Bisnis dan Perdagangan
Kenyataan yang sedang berkembang saat ini adalah bahwa Internet dijadikan sebagai sarana utama para pelaku bisnis dalam mempromosikan dan mempublikasikan usaha mereka. Sifatnya yang fleksibel menjadikan Internet sebagai media yang mampu menjawab tantangan atau kendala bisnis, seperti wilayah geografis, promosi, target pemasaran, proses administrasi pembelian dan penjualan, biaya yang dikeluarkan serta kendala-kendala bisnis lainnya. Sehingga kemudahan e-Business ini cukup memuaskan masyarakat terutama bagi yang memiliki tingkat kesibukan tinggi. Mereka hanya tinggal memilih, meng-klik, dan melakukan proses transfer / pembayaran kemudian produk yang dipesan akan datang ke tempat pembeli.
Berkaitan dengan keunggulan media Internet dibanding media lainnya bagi dunia usaha :
·                   Revenue Stream (aliran pendapatan) akan lebih menjanjikan bahkan lebih besar dibandingkan dengan bisnis konvesional yang memiliki banyak kendala dalam proses promosi dan publikasi serta masalah fleksibilitas.
·                   Operating Cost (biaya operasional) yang lebih kecil dibandingkan bisnis konvensional, sehingga akan meningkatkan tingkat laba yang didapatkan.
·                   Global Reach (jangkauan global) akan lebih mudah untuk diterapkan karena kelebihan Internet yang dapat menjangkau seluruh pelosok wilayah geografis di dunia.
·                   Customer Loyality (loyalitas pelanggan) dapat lebih diharapkan dan ditingkatkan sehingga akan menjaga kesinambungan usaha.
·                   Suplier Management (pengaturan pengiriman) yang lebih mudah karena dapat memakai pihak ketiga sebagai alternatifnya.
·                   High Fleksibility (tingkat fleksibilitas yang tinggi) karena dapat dilakukan kapan dan dimana saja tanpa dibatasi ruang dan waktu.
5. Bidang Pemerintahan 
Untuk saat ini kita mengenal istilah e-Goverment dalam pemerintahan kita, walaupun mungkin perkembangannya masih agak tersendat. E-Goverment merupakan suatu bentuk kegiatan administrasi pemerintahan yang diterapkan dengan menggunakan media Internet sebagai sarana untuk penyampaian dan penyebaran informasi dari satu tingkat pemerintahan ke tingkat pemerintahan lainnya maupun dari tingkat pemerintahan ke masyarakat.


0 komentar:

Poskan Komentar

About