Mengenai Saya

Foto Saya
jember, jember, Indonesia
mahasiswa fisika MIPA Universitas Jember angkatan 2009

21.32 | 0 Comments

Firdha Kusuma Ayu A (091810201001)
Indri Firliana (091810201008)
Rizqi Dias K (091810201011)


GENERATOR VAN DE GRAAFF

Generator van de Graaff adalah generator yang menerapkan prinsip Elektrostatiska (listrik statis), yang menggunakan sabuk yang bergerak untuk menghasilkan tegangan tinggi pada bola logam berongga. Generator Van de Graaff diciptakan oleh seorang fisikawan asal AS bernama Robert J. Van de Graaff pada tahun 1929.
Generator Van de Graaff merupakan alat pembangkit listrik statis yang menghasilkan tegangan listrik DC yang sangat tinggi, yaitu dengan cara mengumpulkan muatan listrik dan menyimpannya pada permukaan bola logam berongga. Bola berongga terbuat dari besi anti karat dengan diameter 220 mm dan terdiri atas dua bagian di mana bagian atas dapat dilepaskan untuk memperlihatkan cara kerja pembangkit listriknya. Kapasitansi bola berongga ±12 pF bertindak sebagai penyimpan muatan. Listrik statis dapat mencapai ± 330 kV. Loncatan listrik dapat mencapai 50 sampai 100 mm, tergantung kondisi kelembaban lingkungannya.



Gambar di atas menampilkan gambar sederhana dari generator Generator Van de Graaff. Terdiri dari bola logam berongga, katrol logam, sabuk, dan katrol plastik. Di bagian katrol terdpat sikat-sikat yang berfungsi menghubungkan muatan positif ke permukaan bola berongga, dan menghubungkan muatan negatif ke ground. Sikat-sikat dibuat runcing pada ujungnya karena muatan listrik mempunyai sifat mudah terkumpul dan lepas pada ujung yang runcing sehingga memperlancar distribusi elektron di dalam Generator Van de Graaff, hal serupa juga diterapkan pada penangkal petir. Alasan mengapa menggunakan bola logam berongga agar Generator Van de Graaff dapat bekerja dengan baik, faktanya bola berongga yang bermuatan listrik pada bagian tengahnya tidak memiliki e-field/medan listrik (E).

Prinsip Kerja Generator Van de Graaff
Katrol akan bergerak menggulung sabuk, ada 2 cara menggerakkan katrol, pertama katrol dihubungkan dengan motor listrik dan yang kedua di gerakkan manual oleh tangan. Bagian bawah katrol terdapat sikat-sikat yang sangat negative sehingga dapat menarik ion positif di udara. Ion positif menempel pada roller dan kuas yang lebih rendah. Kemudian sabuk akan menjadi bermuatan positif, muatan positif itu akan dibawa oleh sabuk ke bagian atas (bola logam berongga).ion positif ini pada akhirnya akan didistribusikan ke bola logam berongga (akhirnya ke permukaannya). Kemudian sabuk menjadi bermuatan negatif karena kelebihan elektron. Elektron akan dibawa ke bawah dan akhirnya disalurkan ke ground. Pada saat memegang permukaan bola logam berongga rambut kita akan berdiri ke atas hal ini terjadi karena ion positif yang ada di permukaan bola berongga berpindah ke tubuh kita akibatnya tubuh kelebihan ion positif. Karena dalam tubuh kita menjadi muatan sejenis maka elektron-elektron dalam tubuh kita akan mengalami tolak menolak.

0 komentar:

Poskan Komentar

About