Mengenai Saya

Foto saya
jember, jember, Indonesia
Alumni fisika MIPA Universitas Jember


1.      Susu Sapi

Jenis susu ini pasti sudah sangat familiar di telinga Anda. Karena memang sapi perah merupakan ternak penghasil susu yang sangat dominan dibandingkan ternak perah lainnya.
Susu sapi mengandung asam lemak omega-3 (alfa linoleic acid/ALA) dan omega-6 (linoleic acid/LA) yang merupakan asam lemak esensial yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia, sehingga mutlak harus diperoleh dari makanan.
Di dalam tubuh, ALA akan disintesis menjadi omega 3 lainnya yaitu asam DHA dan EPA. Sementara itu, LA disintesis menjadi omega-6 yakni AA. AA dan DHA berperan penting dalam pembentukan sel-sel otak dan proses penglihatan.
Protein dalam susu sapi juga sangat penting dalam proses pembentukan otot. Dan, kalsium dalam susu sapi penting bagi proses pembentukan tulang agar tulang tidak lekas mengalami pengeroposan.
Susu sapi termasuk jenis susu yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Mulai dari bayi dan anak-anak yang umumnya mengonsumsi susu formula yang berbahan dasar susu sapi, remaja, orang dewasa, hingga manula. Susu sapi yang banyak dijual di pasaran umumnya juga sudah difortifikasi dengan sejumlah zat gizi penting yang disesuaikan dengan kebutuhan gizi kelompok yang mengonsumsinya.
2.      Susu Kambing
Meski susu kambing mulai popular di Indonesia, namun untuk penyediannya belum sebanyak susu sapi. Jika pada sapi perah dikenal keturunan Holstein sebagai penghasil susu utama, di keluarga kambing yang terkenal sebagai penghasil susu adalah jenis Saanen.
Jenis kambing penghasil susu lainnya ada Nubian (penghasil sedikit susu dengan kadar lemak tinggi), Ettawa, Toggenburg, LaMancha, Oberhasli, dan Alpine. Khasiat susu kambing diantaranya adalah bisa membantu mencegah penyakit pikun akut atau Alzheimer. Susu kambing juga baik untuk diet dan obat penyakit asma.
3.      Susu Unta
Unta berpunuk satu sudah dikembangbiakkan di daerah selatan Arab Saudi sejak 3000 SM untuk dimanfaatkan daging dan susunya.
Susu unta mengandung sedikit lemak dan laktosa, sementara kandungan potassium, zat besi 10 kali lebih tinggi dari susu sapi, dan vitamin C nya 3 kali lebih tinggi dari susu sapi. Susu Unta mengandung kolesterol 40% lebih rendah dari susu sapi serta memiliki kandungan mineral seperti sodium dan magnesium yang tinggi.
Description: jenis susu dan manfaatnya
Susu unta dianggap lebih menyehatkan daripada susu sapi. Susu unta diyakini memiliki khasiat mampu meringankan gejala autisme, meredakan keluhan kram dan kembung pada perut, dan memiliki senyawa anti kanker kolon sehingga baik bagi pencernaan.
4.      Susu Domba
Susu domba lebih mudah dicerna tubuh manusia ketimbang susu sapi. Susu domba juga bisa dijadikan susu pengganti bagi mereka yang alergi terhadap susu kambing atau susu sapi.
Kandungan mineralnya seperti kalsium, fosfor, seng, dan vitamin B kompleksnya mencapai dua kali lipat susu sapi yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan. Sayangnya, susu domba memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, sehingga tidak baik dikonsumsi bagi penderita kolesterol.
5.      Susu Kerbau
Satu lagi hewan yang bisa dikonsumsi susunya yaitu kerbau. Susu kerbau hanya dikonsumsi di beberapa daerah di Indonesi seperti di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Sumbawa, dan beberapa daerah lainnya.
Susu kerbau ini mengandung banyak protein, kalsium, besi, dan fosfor serta kolestrol yang rendah sehingga baik dikonsumsi bagi para penderita yang berkolestrol tinggi.
Susu kerbau memiliki tekstur yang lebih kental dan lebih creamy karena mengandung sedikit air. Susu kerbau dikenali dengan warna yang lebih putih bersih daripada susu sapi.
6.      Susu Kuda
Selain popular di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, susu kuda liar juga dikembangbiakkan di Sukabumi, Jawa Barat. Susu kuda mengandung kalori yang lebih rendah dibandingkan susu sapi, dengan lemak tak jenuh dan asam lemak rantai pendek membuatnya dapat diserap oleh tubuh. Susu ini dikenal karena khasiatnya untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan menstimulasi pembersihan organ dalam tubuh.
7.      Susu Keledai
Susu keledai berwarna putih bersih. Susu ini dianggap sebagai obat terbaik oleh masyarakat Yunani. Kadar asam lemak, mineral, serta vitamin A,B,C,D dan E nya sangat tinggi. Itu sebabnya susu ini bisa mencegah penuaan, mampu meregenrasi kulit, dan menjaga kelembaban kulit.
8.      Susu Beras
Mungkin belum banyak orang yang mengenal susu ini. Susu beras adalah susu yang diperoleh dari beras. Hal ini diperoleh dengan beras memalui proses pengolahan.
Susu berbahan dasar beras ini menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Karena susu beras bisa membantu memperlancar metabolisme tubuh, sehingga bisa membantu penurunan berat badan Anda.
Tak hanya itu, susu beras tidak memiliki jumlah protein yang tinggi dan karenanya, niasin, vitamin B12, vitamin A, zat besi dan vitamin D yang sering ditambahkan ke dalamnya, untuk membuatnya lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi
9.      Susu Kedelai
Susu kedelai merupakan susu terbaik setelah susu kambing dan susu sapi. Tak hanya susu sapi dan susu kambing, susu kedelai juga sudah banyak ditemui di pasaran.
Susu kacang kedelai merupakan hasil sari kacang kedelai murni yang diolah menjadi susu segar dan mengandung manfaat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan.
Susu kacang kedelai ini baik dikonsumsi bagi penderita alergi susu hewani. Karena susu kedelai ini merupakan jenis susu nabati yang kaya akan serat dan protein. Susu kedelai tidak memiliki kandungan lemak hewani sama sekali. Para penderita kanker bisa menambahkan menu susu kedelai dalam diet harian mereka, karena susu kedelai ampuh untuk membunuh sel-sel kanker.
10.  Susu Gandum
Pasti Anda lebih tahu gandum lebih banyak digunakan sebagai sereal atau sejenis roti gandum daripada susu. Ternyata, selain untuk pembuatan sereal dan roti, gandum juga dibuat menjadi susu. Masalah manfaat kesehatannya jangan ditanya lagi, susu gandum bebas kolesterol dan laktosa. Nah, jadi ini pilihan tepat untuk Anda yang sedang menjalani diet untuk penurunan berat badan.
11.  Susu Kacang Mete
Kacang mete ini biasanya kita sering temukan bersama dengan cokelat atau sebagai makanan camilan. Kacang mete ini merupakan bagian dari buah mete yang sudah dikeringkan. Selain dibuat makanan, kacang mete juga dapat dijadikan sejenis minuman, yaitu susu kacang mete. Seperempat cangkir kacang mete bisa memasok 38% asupan nutrisi dalam tubuh Anda. Manfaat susu mete adalah mengembangkan tulang dan jaringan ikat.

0 komentar:

Poskan Komentar

About