Mengenai Saya

Foto saya
jember, Jawa timur, Indonesia
Alumni fisika MIPA Universitas Jember

Beberapa konsep dasar dari termodinamika
Salah satu risalah penting pertama pada masalah termodinamika adalah monografi terkenal oleh Sadi Carnot, berjudul Reflexions sur la puissance du feu motrice et sur les propres sebuah mesin developper cette puissance yang diterbitkan pada tahun 1824. Dalam buku ini, termodinamika diperkenalkan sebagai teori mesin panas. Julius Robert Mayer (1814-1878) adalah seorang dokter dan ilmuwan kepada siapa kita berhutang hubungan numerik pasti pertama antara panas dan kerja (1842). Dia bisa, karena itu, dianggap sebagai penemu hukum pertama termodinamika. Dia telah membahas hubungan antara fungsi tubuh manusia dan mesin panas sebagai hasil pengamatan sendiri fisiologis. 
Sistem, parameter, dan fungsi keadaan
Sistem didefinisikan sebagai kumpulan elemen dengan keterkaitan tertentu. Selain itu, kami menjelaskan bahwa sistem dengan keterkaitan yang tidak hanya hubungan, tapi interaksi, disebut sistem dinamis. Ini adalah jenis sistem di mana pendekatan termodinamika dapat diterapkan.
Dalam termodinamika, sistem diklasifikasikan sebagai berikut sesuai dengan sifat batas mereka terhadap lingkungan mereka:
A.    Sistem terisolasi: ini adalah sistem ideal yang tidak menukar jenis energi atau bahan dengan lingkungannya.
B.     Sistem tertutup: sistem ini dapat bertukar semua jenis energi dengan lingkungannya, tetapi tidak masalah.
C.     Sistem terbuka: ia dapat bertukar baik energi dan materi dengan lingkungannya.
Perubahan kecil dalam fungsi keadaan dengan beberapa variabel dapat diwakili oleh diferensial total disebut. Untuk ini, semua diferensial parsial fungsi ini harus diringkas. Ini selisih parsial dihitung seperti yang ditunjukkan pada Persamaan. (3.1.1), menggunakan, bagaimanapun, parsial derivatif. Persamaan berikut, misalnya, akan berlaku untuk energi bebas Gibbs [G (p, T, n,)]: 
1.1.1   Persamaan Gibbs
Dasar ilmiah termodinamika adalah tiga prinsip yang didirikan pada eksperimental diverifikasi, fakta empiris. Setelah ini landasan yang kokoh kerangka definisi dan hubungan telah dibangun yang memungkinkan postulasi luas pada semua jenis transformasi energi.
Prinsip kekekalan energi, hukum pertama disebut termodinamika menyatakan bahwa harus ada suatu parameter fisik memiliki fungsi milik negara, yang mencakup konsekuensi dibahas dalam Bagian 3.1.1. Kerja {W), sebagai parameter fisik tidak sesuai dengan kondisi ini. Umum Pengalaman menunjukkan bahwa perubahan sistem dari negara A ke negara B dapat dicapai melalui banyak cara yang berbeda jauh dari satu sama lain dalam jumlah kerja yang diperlukan. Oleh karena itu, bekerja tidak bisa menjadi fungsi keadaan yang dapat digunakan untuk menggambarkan keadaan energi dari suatu sistem independen dari cara yang dicapai.
Biarkan parameter yang disebut energi internal (U), sekarang didefinisikan sebagai fungsi negara yang, dengan demikian, memiliki dU diferensial total. Selanjutnya, biarkan energi internal sistem ditingkatkan dengan dC / jika jumlah tertentu panas (dQ) dimasukkan ke dalam sistem, dan / atau jika pekerjaan tertentu (dW) dilakukan pada sistem. 

0 komentar:

Posting Komentar

About